Skip to main content

3 cara membuat tempat pensil dari botol bekas

3 Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Bekas

 Share
 Tweet
 Pin
 Share
 Share
Punya botol plastik bekas? Sebaiknya jangan buang botol tersebut terlebih dahulu. Karena botol bekas bisa didaur ulang menjadi tempat pensil yang cantik, lho! Jadi, dari pada membuang uang untuk membeli tempat pensil, Anda bisa menjadikan botol bekas ini sebagai tempat pensil untuk diletakkan di rumah atau kantor.
Siapa bilang botol bekas tidak bisa disulap menjadi tempat pensil yang bagus? Ada beberapa cara membuat tempat pensil dari botol bekas yang bisa mengubah botol bekas yang tampak biasa menjadi luar biasa! Nah, penasaran bagaimana caranya? Simak tutorial berikut ini, yuk!

Cara Membuat Tempat Pensil Bunny

Motif kelinci tentu sangat disukai oleh anak-anak dan orang dewasa. Hanya bermodalkan botol plastik (botol air mineral) bekas saja Anda sudah bisa membuat tempat pensil bermotif bunny yang sangat lucu jika diletakan di atas meja belajar.
Berikut adalah alat dan bahan untuk membuat tempat pensil bunny dari botol bekas:
  • Botol air mineral bekas
  • Gunting
  • Cat berwarna pink, hitam, putih, dan warna favorit Anda lainnya
  • Mangkuk berisi air
  • Koran untuk menutup lantai/meja agar tidak terkena cat
  • Berbagai jenis kuas
Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat tempat pensil bunny dari botol bekas:
cara membuat tempat pensil dari botol bekas
  1. Potong bagian tutup dari botol plastik menggunakan gunting, cutter, atau pisau tajam
  2. Lapisi seluruh bagian botol dengan cat berwarna putih, lalu biarkan hingga kering
  3. Setelah lapisan cat putih kering, buat gambar kelinci. Mulai dari membuat lingkaran wajah dari cat warna putih, sepasang mata dan senyum dengan cat hitam, telinga dengan cat hitam, dan terakhir warnai bagian dalam telinga dengan cat berwarna pink
  4. Jemur botol hingga kering dan tempat pensil bunny sudah siap digunakan!
Sekedar informasi, mangkuk berisi air bisa digunakan untuk mencuci kuas jika Anda hanya memiliki satu kuas. Jadi, sebelum mencelupkan kuas ke cat berwarna lain, bersihkan kuas tersebut agar sisa cat sebelumnya hilang.
Selain menggambar kelinci, Anda juga tentunya dapat menggambar motif binatang atau objek lainnya yang Anda sukai. Selain menggunakan botol plastik, Anda juga bisa menggantinya dengan botol shampo atau kaleng bekas minuman.

Cara Membuat Tempat Pensil Ramah Lingkungan

cara membuat tempat pensil dari botol aqua
Tempat pensil ramah lingkungan ini hampir 100% menggunakan bahan bekas yang didaur ulang. Alat dan bahan yang dibutuhkan sudah pasti tersedia di rumah Anda. Bahan utamanya hanya berasal dari botol plastik (Air mineral) bekas.
Selain ramah lingkungan, ide membuat tempat pensil ini juga sudah pasti tidak akan menguras isi dompet Anda. Tempat pensil ini juga sangat cocok apabila Anda kurang mahir menggambar seperti pada cara yang pertama. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan:
  • Botol air mineral bekas
  • Selotip bening
  • Gunting
Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kotak pensil ramah lingkungan dari botol bekas:
  1. Bersihkan botol bekas terlebih dahulu
  2. Lepaskan label air mineral yang terdapat pada botol, jangan buang label tersebut jika Anda hendak menggunakannya untuk dekorasi tempat pensil
  3. Potong bagian atas botol, tetapi jangan dibuang terlebih dahulu karena bagian atas botol juga akan digunakan
  4. Masukkan semua alat tulis, seperti pensil, bolpen, pensil warna, dll ke dalam botol
  5. Beri selotip di tepi botol untuk menempelkan bagian atas botol yang tadi digunting, nantinya tempat pensil ini akan dapat dibuka dan ditutup dengan mudah
  6. Ta-da! Tempat pensil ramah lingkungan siap untuk dipajang di rumah maupun kantor
Jika Anda masih menyimpan label air mineral, Anda bisa menggunakannya untuk menghias bagian luar tempat pensil. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin mendesain bagian luar tempat pensil dengan label air mineral, Anda bisa menempelkan stiker atau foto pada di bagian luar tempat pensil ramah lingkungan ini.

Cara Membuat Tempat Pensil Risleting

Alangkah praktisnya jika Anda memiliki tempat pensil 2-in-1 yang bisa dipajang sekaligus dibawa ke mana saja. Agar alat tulis yang diletakkan di dalam tempat pensil tidak tercecer keluar, Anda membutuhkan tempat pensil yang dilengkapi dengan risleting.
Jadi, jika tidak sedang digunakan Anda bisa menutup risleting tempat pensil tersebut. Nah, kini Anda bisa membuat tempat pensil berisleting dari botol soda bekas, lho! Sebelum membuatnya silahkan siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan:
cara membuat tempat pensil dari botol bekas air mineral
  • 2 bagian bawah botol minuman soda dengan ukuran yang sama (disarankan untuk menggunakan botol minuman soda berkuran 1 atau 1,5 liter)
  • Lem tembak
  • Kain flanel
  • Risleting
Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat tempat pensil risleting dari botol bekas:
  1. Cuci bagian botol hingga bersih dan keringkan sebelum digunakan
  2. Potong salah satu bagian bawah botol sehingga memiliki tinggi 2 ¼ inci, sedangkan bagian bawah botol lainnya memiliki tinggi 4 inci. Pastikan semua alat tulis Anda bisa masuk ke dalam tempat pensil yang akan Anda buat
cara membuat kotak pensil dari botol bekas
  1. Bungkus ujung risleting dengan kain flanel, rekatkan kain flanel dan risleting menggunakan lem tembak
  2. Beri lem tembak pada bagian belakang risleting (jangan sampai terkena rel-nya), kemudian tempelkan risleting di bagian bawah botol yang lebih tinggi
cara membuat tempat pensil dari barang bekas
  1. Setelah lem kering, coba membuka-tutup risleting pada tempat pensil tersebut. Bagian bawah tempat pensil ini adalah bagian botol yang lebih tinggi
Ada beberapa catatan yang perlu Anda ketahui ketika membuat tempat pensil risleting ini. Pertama, gunakan warna rilseting dan kain flanel yang senada, usahakan untuk memilih warna yang cerah. Kedua, jika tidak ada lem tembak, Anda bisa menggunakan perekat lain yang kuat.
Bagaimana cara membuat tempat pensil dari botol bekas di atas? Pastinya, tutorial membuat tempat pensil daur ulang dari Bacaterus ini sangat mudah, bukan? Anda bisa menggunakan tutorial ini untuk mengisi waktu luang. Hasilnya, tentu saja bisa Anda gunakan sendiri atau berikan kepada orang terdekat. Selamat mencoba!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 kreasi unik dari tutup botol bekas

5 resep tempe bacem

cara membuat es lilin