cara membuat es lilin

Cara Membuat Es Lilin

Salah satu yang menarik dari es lilin adalah bisa dikreasikan dengan bahan makanan lain, yang sering menjadi favorit adalah kacang hijau selain itu ada es lilin coklat, tape ketan, sirsat, alpukat, susu, sirup, rujak dan berbagai macam buah.
Cara Membuat Es Lilin yang Empuk
© malesbanget.com
Bahan Utama:
  • Air 1 liter
  • Gula Pasir 300 gr
  • Santan Kelapa 300 ml
  • Daun Pandan 2 lembar
Jumlah air yang anda butuhkan tergantung berapa banyak es lilin yang akan dibuat sedangkan gula sesuai dengan selera. Sebagai contoh saya buat 1 liter air dengan gula asli sebanyak 300 gr. Siapkan pula karet gelang pengikat dan kantong plastik kecil sebagai pembungkus, plastik khusus es ya. 
1
Es Lilin Kacang Hijau 
Dari berbagai rasa es lilin, kacang hijau lah yang menjadi favorit kebanyakan orang. Selain rasanya yang enak, kacang hijau juga memiliki banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi manusia.

Bahan Tambahan:
  • Kacang Hijau 200 gram
    Kacang telah direndam dalam air semalam dan selanjutnya direbus sampai empuk
Langkah Membuat Es Lilin:
  1. Pertama-tama panaskan air yang bercampur dengan gula pasir dengan api sedang sampai benar-benar mendidih. 

    Setelah itu masukkan daun pandan yang telah dicuci bersih dan santan kelapa kental sambil diaduk-aduk. 

    Saat terlihat mulai mendidih kembali, segera angkat panci dan diamkan beberapa saat sampai uap panas menghilang.
  2. Lanjut ke pengemasan, masukan sekitar 1 sendok makan kacang hijau yang sudah matang ke dalam plastik es. 

    Tuangkan air + gula + santan yang telah dimasak tadi (jika diperlukan gunakan corong). Mengisinya jangan penuh-penuh, sisakan sedikit ruang untuk memudahkan mengikat nantinya.
  3. Ambil karet gelang, sebaiknya dipotong menjadi 2-3 bagian agar lebih hemat tapi jika kesusahan saat mengikat maka tidak masalah mengikatkan 1 karet gelang pada 1 plastik es.

    Ulangi beberapa kali sampai semua bahan terbungkus, terakhir tinggal memasukkannya dalam freezer dengan suhu rendah. Sekitar setengah hari saya rasa es lilin sudah siap disajikan kepada keluarga.
Untuk cara membuat es lilin ketan hitam, susu, buah, rujak, yogurt ya kurang lebih sama, hanya berbeda di bahan tambahan saja. Dengan adanya santan, tekstur es lilin pastinya lebih lembut.
Es lilin walaupun tanpa pengawet bisa bertahan berbulan-bulan jika disimpan dengan benar pada suhu freezer yang stabil
2
Es Mambo Pelangi
Coba lihat gambar di bawah, sangat cantik dan pastinya bisa menggugah selera makan anak-anak. Es ini dibuat dari agar-agar tentu penuh gizi, pokoknya sangat cocok untuk keluarga. Berikut ini cara membuat es lilin yang empuk.
Cara Membuat Es Mambo Pelangi
Bahan:
  • Air 1,5 liter
  • Nutrijel Plain (original tanpa warna) 1 bungkus
  • 5 Pewarna Makanan, beda warna disarankan mengikuti warna pelangi
  • Santan Kelapa 100 ml
  • Gula pasir sesuai selera
Karena kita akan membuat 5 warna maka carilah plastik es yang panjang untuk memudahkan pembentukan dan pembungkusan.

Langkah Membuat Es Mambo Pelangi:
  1. Masukkan semua bahan kecuali pewarna makanan ke dalam panci
  2. Seperti halnya dengan membuat agar-agar, aduk terus sampai mendidih
  3. Setelah mendidih segera angkat, tuangkan larutan tersebut ke dalam 5 wadah berbeda.

    Campurkan masing-masing pewarna makanan ke dalam wadah tersebut.
    Diamkan beberapa saat sampai uap panas mulai menghilang
  4. Saat sudah mulai dingin terlihat kenyal dan bergoyang-goyang mirip jelly maka tinggal masukkan jelly dari wadah 1 ke seperenam bagian plastik, lalu wadah 2 ke seperenam bagian kedua dan seterusnya sampai jelly dari 5 wadah masuk. Terakhir ikat dengan karet gelang.

    Lakukan beberapa kali sampai bahan habis. Anda tidak harus melakukan dengan urutan yang sama, buatlah berbagai variasi tumpukan warna.
  5. Selanjutnya tinggal masukkan freezer. Dalam beberapa jam pasti es mambo warna pelangi siap disantap bersama anggota keluarga.
Itulah beberapa cara membuat es lilin aneka rasa yang cocok untuk menghilangkan rasa haus di siang hari yang sangat panas, Tapi makannya pake aturan ya, jangan banyak-banyak. Selain dikonsumi es lilin warna-warni di atas juga bisa untuk dijual.

Baca juga: Cara Menjaga Sayuran Tetap Segar

Tips Agar Es Lilin Lembut

Terkadang es lilin yang kita buat akan terasa keras seperti es batu, tentu rasanya jadi tidak sedap lagi. Masalah ini sangat sering muncul dan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain,
  • Air terlalu banyak sedangkan Santan/Susu terlalu sedikit
    Jumlah air sebagai bahan utama sangat menentukan kekerasan es lilin, sedangkan santan atau susu adalah pelembut es lilin. Perbandingan yang disarankan kebanyakan orang adalah 3 air vs 1 santan. Ini hanyalah contoh, pada prakteknya tergantung kualitas kekentalan santan yang dipakai.
  • Proses pembekuan dengan suhu rendah terlalu lama
    Saat dibekukan dalam waktu yang lama, air es lilin akan mengkristal yang akhirnya membuatnya sangat keras.
  • Es lilin beku yang mencair lalu dibekukan lagi
    Ini sering kali terjadi, misal saat kita menyajikan es lilin untuk tamu namun ternyata es tersebut tidak habis lalu dimasukkan ke kulkas untuk mendinginkan kembali. Saat pembekuan kedua hasilnya pasti tidak selembut yang pertama.
Beberapa orang (terutama produsen besar) menggunakan stabilizer (pemantap nabati) seperti gelatin dan emulsifier (pengemulsi nabati) untuk melembutkan es mambo

Comments

Popular posts from this blog

10 kreasi unik dari tutup botol bekas

5 resep tempe bacem